laporan widya wisata

hari ini lagi penat, gak tau enaknya posting apa,,
ya udah dech post kerjaanku selama 1 bulan in aja. oh iya laporan WW jakarta ini judulnya tidak semua guru pembimbing akan menerimanya, tergantung guru pembimbingnya dan kebetulan guru pembimbings ane nerima. klo mau download yg susunannya rapi ini linknya http://downloads.ziddu.com/download/23962988/Laporan-WW-Emir-Musa.doc.html
klo gk bisa diidownload, komen aja dibawah
dibawa ini sekilas kelihatannya,,



GELANGGANG SAMUDRA
REKAYASA FILM 4 DIMENSI

LAPORAN WIDYA WISATA
YOGYAKARTA-BANDUNG-JAKARTA 24 s/d 28 JUNI 2012









logo










Oleh :
Emir Musa
NIS : 6374


PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 SIDAYU
Jl. Pahlawan No. 06 Telp. (031) 3943696 Sidayu Gresik
Website : www.smansigres.sch.id  Email : 20500474@dispendik.gresik.go.id





HALAMAN PENGESAHAN
“LAPORAN INI TELAH DITERIMA DAN DISAHKAN OLEH KEPALA SMA NEGERI 1 SIDAYU GRESIK, PADA :

HARI                :
TANGGAL       :



MENGETAHUI,









    KEPALA SEKOLAH                                                                                 PEMBIMBING

Arif Suswanto, S. Pd. M. Pd                                                                            Syaiful Ulum, S.Pd.,M.Pd
 NIP. 196504141988031021                                                                             NIP. 19590825 197703 001


i
 
 









KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat  Allah SWT, atas segala limpahan rahmat serta hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan kegiatan widya wisata  Yogyakarta-Bandung-Jakarta 24 s/d 28 Juni 2012 yang berjudul REKAYASA FILM 4 DIMENSI”  yang mana widya wisata itu sendiri di selenggarakan oleh SMA Negeri 1 Sidayu.
Laporan kegiatan ini diharap  dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan laporan widya wisata tahun-tahun selanjutnya  agar dapat memudahkan adik-adik kelas dalam membuat laporan widya wisata selanjutnya.
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada :
  1. Bapak Arif Suswanto, S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Sidayu
  2. Ibu Mas’idah, S.Pd, M.Pd selaku wali kelas XII IPA 1
  3. Bapak Syaiful Ulum, S.Pd, M.Pd selaku guru pembimbing laporan widya wisata
  4. Bapak/Ibu guru yang ikut serta dalam kegiatan widya wisata  
  5. Serta teman-teman yang telah membantu dalam pembuatan laporan ini

Saya sadar dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan, karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Demikian kata pengantar ini dibuat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi siswa-siswi dan pembaca, sekian dan terimakasih.
                                                                                                Sidayu, 06 September 2012


Emir Musa



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN                                                                           i
KATA PENGANTAR                                                                                      ii
DAFTAR ISI                                                                                                    iii
BAB I              PENDAHULUAN                                                                   1
A.     Latar Belakang Masalah                                                      1
B.     Rumusan Masalah                                                               1
C.     Tujuan                                                                                2
D.     Landasan Teori                                                                   2
E.      Metode Pengumpulan Data                                                  4
BAB II                         PENYAJIAN DATA                                                                5
A.     Latar Belakang Obyek                                                         5
B.     Penyajian Data                                                                    7
BAB III            PEMBAHASAN                                                                      8
A.     Pengertian film 4 dimensi                                                     8

B.     Rekayasa dalam film 4 dimensi                                             9
C.     Perbedaan film 4 dimensi dengan film 2 dimensi
dan 3 dimensi                                                                      9
D.     Pengaruh film 4 dimensi                                                       10

BAB IV           PENUTUP                                                                               11
A.     Simpulan                                                                             11
B.     Saran                                                                                  11
DAFTAR PUSTAKA                                                                                       12 


BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang Masalah
Dewasa ini dunia teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat di hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Kebutuhan manusia yang beragam mengakibatkan teknologi informasi terus maju dan berkembang untuk menemukan inovasi-inovasi baru yang nantinya akan  menjadi tren di masyarakat, salah satu kebutuhan yang tidak bisa lepas dari manusia adalah hiburan.  Salah satu kebutuhan inilah yang membuat teknologi dalam dunia hiburan semakin dikembangkan pula.

      Di zaman ini kita mungkin tidak asing dengan film 4 dimensi. Film tersebut bahkan sudah  diiklankan di televisi dan dipelopori oleh salah satu taman hiburan ternama di Indonesia. Dalam iklan tersebut menggambarkan bahwa para penonton film 4 dimensi tersebut dapat merasakan secara langsung seperti apa yang ada dalam film 4 dimensi  tersebut. Ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dalam dunia hiburan semakin canggih . Hal tersebut dilakukan untuk menambah minat konsumen untuk menikmati hiburan tersebut, karena persaingan dalam dunia hiburan semakin hari semakin ketat.
      Namun film 4 dimensi masih menimbulkan banyak pertanyaan. Logika-nya dunia yang kita huni sekarang  hanya memiliki 3 dimensi dan secara ilmiah kita tidak dapat melampaui dimensi diatas kita.
      Oleh karena itu pada kegiatan tugas laporan ini saya ingin mengenal dan memperkenalkan secara mudah dan ringan agar pembaca menjadi lebih cepat dan mudah memahami tentang apa itu film 4 dimensi
.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis dapat merumuskan beberapa permasalahan, diantaranya :
1.     Apa yang dimaksud film 4 dimensi ?
2.     Rekayasa apa saja yang digunakan dalam film 4 dimensi ?
3.     Apa yang membedakan film 4 dimensi dengan film 2 dimensi dan 3 dimensi ?
4.    Pengaruh-pengaruh film 4 dimensi terhadap berbagai aspek
kehidupan ?
C.    Tujuan
  1. Untuk mengetahui tentang film 4 dimensi
  2. Untuk mengetahui rekayasa apa saja yang ada di balik film 4 dimensi
  3. Untuk mengetahui perbedaan film 4 dimensi dengan film 2 dimensi dan 3 dimensi.
  4. Untuk mengetahui pengaruh film 4 dimensi dalam berbagai aspek kehidupan.
D.    Landasan Teori
Dimensi
Definisi dimensi atau dalam bahasa latinnya adalah dimensio merupakan ukuran. Dimensi suatu besaran merupakan hubungan antara besaran itu dengan besaran-besaran pokok.  
Konsep dari dimensi adalah hubungan.
    - 0 dimensi adalah titik. dimana ia berdiri sendiri dan tidak memiliki                     hubungan apapun dengan hal lainnya.
    - 1 dimensi adalah sebuah garis yang dihubungkan dari satu titik ke titik satunya lagi, dimana dia hanya dapat berhubungan ke titik lain tersebut,    dengan kata lain memiliki panjang.
    - 2 dimensi adalah sebuah gambar, dimana hubungannya tidak lagi          terbatas pada satu titik, tetapi bisa juga ke titik lainnya, dengan kata lain           memiliki panjang dan lebar
    - 3 dimensi adalah perwujudan ruang, dimana tidak hanya memiliki         panjang dan lebar, tetapi juga memiliki tinggi, dimana hubungan antara        gambar yang 2 dimensi memiliki satu titik tambahan yang berada diatas       permukaannya yang datar yaitu tinggi. yang memungkinkan terjadinya    ruang karena memiliki tinggi.
    - 4 dimensi adalah hal yang sulit dibayangkan, namun pengetahuan          mengungkapkan bahwa selain panjang, lebar dan tinggi, 4 dimensi            memiliki apa yang disebut gerak.

      Benda 3D memiliki gerak, yang memungkinkan mereka berpindah dari satu ruang ke ruang lainnya, dimensi ke empat ini disebut juga dengan waktu, tapi manusia tidak dapat melihat bentuk dari waktu itu sendiri, sebab manusia merupakan wujud 3 dimensi yang lebih rendah dari 4 dimensi.

Dimensi selanjutnya betul-betul sukar untuk dijelaskan, tetapi matematika dapat menjabarkannya dan menggambarkannya, meskipun melalui wujud   2D(gambar).

      Square(segi empat) adalah contoh dari 2 dimensi, yaitu dimensi gambar, dimana yang digunakan adalah diagram X dan Y.

      Cube(kubus) adalah contoh dari 3 dimensi, yaitu dimensi ruang, manusia, hewan, tumbuhan, mobil, batu, merupakan contoh nyata dari benda berdimensi 2 ini...diagram yang digunakan adalah X, Y dan Z.

      Hypercube(kubus super) adalah contoh dari 4 dimensi, yaitu dimensi waktu. mulai dari dimensi ini, kita yang hanya makhluk 3 dimensi akan sangat sulit untuk membayangkan bagaimana dimensi ini. contoh dari dimensi ke 4 ini adalah waktu. semua benda 3 dimensi tidak pernah lepas dari apa yang disebut waktu. mulai dari kita lahir, remaja, tua, mati, semuanya terjadi dalam proses waktu yang tidak bisa kita lihat atau rasakan, tetapi kita sebagai makhluk 3 dimensi tunduk dengan waktu.

      Secara matematika, masih banyak terdapat dimensi lain selain ke empat dimensi tersebut, walaupun sebuah hal yang mustahil bagi kita untuk membayangkan bagaimana bentuk dimensi tersebut, tetapi kita dapat menggambarkannya.
Film
      Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian film secara fisik adalah selaput tipis yang terbuat dari seluloid untuk tempat gambar negatif (yang akan dibuat potret) atau tempat gambar positif (yang akan dimainkan di bioskop). Sedangkan melalui kesepakatan sosial istilah film memperoleh arti seperti yang secara umum dipahami yaitu lakon (cerita) gambar hidup atau segala sesuatu yang berkaitan dengan gambar hidup. Pengertian film kini juga diartikan sebagai sebuah genre dalam kesenian.Seni tari, seni musik, dan juga seni film.Karena didalam sebuah film atau rekaman gambar bergerak, kita dapat menemukan berbagai jenis seni yang direkam.


E.    Metode Pengumpulan Data
Dalam penulisan laporan Widya Wisata, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan data yang meliputi :
  1. Riset Lapangan(Fill Research)
Penulis mengamati langsung pada tempat wisata yang saya kunjungi untuk mencari informasi lebih jelas tantang objek-objek yang diteliti.  Yaitu  film 4 dimensi yang terdapat di Gelanggang samudra
  1. Study Pustaka
Penulis memanfaatkan perpustakaan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan penulisan laporan Widya Wisata ini.
  1. Study internet
Penulis menggunakan sarana internet untuk melengkapi data yang telah terkumpul.


BAB II
PENYAJIAN DATA
     A.  Latar belakang obyek

Gelanggang Samudra
Sejak berdiri pada 1974, Gelanggang Samudra Ancol dikenal sebagai tempat hiburan sekaligus perawatan hewan mamalia. Selama itu pula pengelola tempat wisata dan konservasi satwa air ini berhasil mengembangbiakkan lebih dari 20 ekor lumba-lumba. Lokasi Gelanggang Samudera berada tak jauh dari areal Sea World.
Di dalam Gelanggang Samudra Ancol, ada beberapa wahana yang bisa jadi pilihan menarik untuk dinikmati. Wahana Atraksi Lumba-Lumba dan Singa Laut, Pentas Aneka Satwa, Aquarium Laut, dan yang terbaru adalah Sinema 4 Dimensi.
PT  Taman Impian Jaya Ancol, selaku pengelola Gelanggang Samudra Ancol, mengadakan pentas mamalia yang berkapasitas dua ribu orang. Pentas lumba-lumba ini selalu menghadirkan lumba-lumba jenis hidung botol (Tursiops aduncus) yang merupakan hewan asli Indonesia dari Laut Jawa. Beragam atraksi, semisal bermain bola dan melompati lingkaran api, sering mendapat sambutan meriah pengunjung.
Seperti tidak kalah dengan lumba-lumba, dua paus putih juga beratraksi di tempat yang sama. Sebagai mamalia laut, paus putih juga memiliki kecerdasan yang tidak jauh berbeda dengan lumba-lumba. Satwa lucu ini mampu menunjukkan beragam atraksi menarik, seperti menari dan bernyanyi.
Paus putih berasal dari Rusia yang tiba di Gelanggang Samudra Ancol tiga tahun lalu. Mamalia lainnya adalah lima singa laut dari Uruguay dan AS. Untuk mendatangkan hewan dari luar negeri, pengelola telah mendapat izin khusus dari lembaga perlindungan satwa internasional. Perawatan dan pemantauan kesehatan mamalia tersebut ditangani oleh tim medis. Dokter hewan dan sekitar 15 stafnya selalu siaga dalam merawat kesehatan semua mamalia yang ada di kebun binatang dan aquaria seluas tujuh hektar ini.
Selain merawat mamalia laut, Gelanggang Samudra Ancol memelihara biota laut (ikan dan terumbu karang) dalam akuarium khusus. Begitu pula dengan biota air tawar. Jumlah ikan dari dua biota tersebut ada 500 ekor. Di akuarium itu ada tiga orang yang bertanggung jawab mengawasi dan memelihara satwa ini. Di Gelanggang Samudra Ancol ini ada mamalia yang menarik lainya, yakni kuda nil dari Tanzania, Afrika. Hewan ini adalah mamalia khas Afrika yang tidak bisa dijumpai di Indonesia. Untuk mamalia lokal, Gelanggang Samudra Ancol memiliki lima beruang madu Sumatra.
Gelanggang Samudra Ancol memiliki akuarium air tawar dan air laut. Akuarium air tawar memiliki berbagai macam fauna air tawar di dalamnya, termasuk Arwana (dari Indonesia), ikan sorubin lima, buaya dan silver dollar. Koleksi ikan dalam akuarium air laut termasuk seafish dan ikan baronang. Museum laut memiliki koleksi preserved corals, sea mohisha, anatomy of sea lion dan porpoise. Pengunjung dapat pula melihat rangka of whale di museum ini.
Gelanggang Samudra Ancol tidak hanya menampilkan atraksi satwa air, melainkan juga memberikan program edukasi. Misalnya saja praktikum biologi bagi pelajar SMP-SMA tanpa dipungut bayaran. Peserta akan diajak menganalisis satwa air melalui alat peraga dan praktikum laboratorium di Gelanggang Samudra Ancol. Tempat ini juga menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah dan LSM lingkungan dalam program pendidikan kelautan.
Sinema 4 Dimensi
Sinema 4 Dimensi tergolong wahana baru di Gelanggang Samudra Ancol. Bentuk bangunan utama The Pyramids 4D Theatre ini dibuat mirip dengan istana Kerajaan suku Aztec yang pernah hidup di benua Amerika pada abad ke- 500SM. Menempati luas area 2200 m², dengan piramid setinggi lebih dari 20 meter, bangunan istana ini tampak unik dan menonjol.
Dengan lima jadwal pertunjukan setiap harinya, antrean penonton cukup panjang, terutama pada hari libur dan weekend, wahana ini padat pengunjung. Dari pintu masuk pertama, pengunjung akan melintasi jalan berliku yang turun naik. Interiornya dibuat berkesan lampau. Lampu-lampu dan jaring laba-laba besar, menyambut di sudut dinding. Dinding-dindingnya terlukis aneka gambar dengan warna-warni menarik. Sampai pada sebuah ruangan luas, terdapat tiga pintu gerbang utama untuk masuk ke ruang 4D Theatre. Para penonton juga diberikan kacamata khusus untuk 4 Dimensi.
Ruangan gelap dan dingin ber-AC ini, memiliki layar sinema sebesar 24 m x 14 m. Ini adalah theater sinema terbesar se-Asia Tenggara. Tua, muda, anak-anak, remaja, dan orang dewasa, dapat duduk nyaman dan menikmati kejutan-kejutan petualangan di wahana ini. Kualitas gambar film animasi dari Belgia ini pun didukung dengan fasilitas layar sinema dan alat pengontrolnya yang diimpor dari Austria, sound system dari Jerman, dan proyektor yang didatangkan dari Amerika.
      B.   Peranan Gelanggang Samudra

            Gelanggang Samudra Ancol merupakan sebuah oseanarium atau oceanarium. Oseanarium merupakan taman mamalia laut dan mahluk laut lainnya. Selain menikmati rekreasi bersama keluarga, di sini Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang menarik mengenai mamalia laut seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan binatang laut lainnya. Gelanggang Samudra Ancol juga menjadi sarana konservasi satwa laut. Ada 4 wahana utama yang terdapat di Gelanggang Samudra, Ancol. Pertama, adalah wahana pertunjukan Aneka Satwa, wahana pertunjukan Singa Laut, wahana pertunjukan Lumba-Lumba dan Paus Putih, serta wahana Sinema 4D atau 4D Theatre.

            Sinema 4D Wahana adalah Sinema 4D atau pertunjukan 4 dimensi. Di dalam, petugas akan membagikan kacamata khusus. Setelah menunggu beberapa lama di depan pintu, penonton akan masuk ke dalam teater. Film yang disajikan berdurasi kurang lebih 15 menit. Dengan memakai kacamata khusus, anda akan merasakan gambar ada di depan Anda dan seolah dapat disentuh, ditambah dengan kursi yang dapat bergoyang-goyang dan semburan air atau angin pada adegan tertentu sehingga anda dapat merasakan suasana sesungguhnya.

            Gelanggang Samudra Gelanggang Samudra Ancol dapat menjadi tempat rekreasi yang mendidik. Anda dapat mengenalkan berbagai satwa pada anak anda. Selain itu, terdapat akuarium air tawar yang menampilkan berbagai ikan air tawar yang berada di sungai baik di Indonesia maupun luar negeri. Anda juga dapat mengunjungi akuarium air laut yang akan menyajikan berbagai ikan air laut yang lucu dan unik. Anda juga dapat mengunjungi area wisata belajar sebagai sarana belajar yang baik bagi putra-putri anda.

            Selain berbagai sarana edukasi, terdapat juga beberapa permainan menarik berupa wahana ride seperti Kiddy Bumper Car yang disebut Laga LogonBoto-boto yaitu permainan miniatur pesawat yang berputar-putar untuk anak-anak, serta Ubur-ubur yaitu Ballon Ride. Wahana permainan ini dapat menambah senang rekreasi Anda di Gelanggang Samudra. Gelanggang Samudra Ancol  juga merupakan oseanarium (oceanarium) yang menawarkan rekreasi, konservasi, dan pendidikan untuk seluruh keluarga. 


BAB III
PEMBAHASAN

A.       Pengertian film 4 dimensi

Kita tahu bahwa dunia yang kita huni saat ini memiliki 3 dimensi, yaitu sumbu X,Y ,dan Z(panjang lebar dan tebal). Namun lain hanya dengan film 4 dimensi, setelah melakukan observasi maka penulis dapat menyatakan bahwa dimensi ke 4 dari film 4 dimensi bukanlah dimensi waktu melainkan adalah film 3 dimensi yang diberi efek lebih nyata seperti efek angin, kursi yang begoyang, semprotan air dan bau-bauan yang sajalan dengan film yang diputar saat itu. Sehingga kata “4 dimensi” sendiri hanya kata yang digunakan untuk menarik minat konsumen dan sama sekali tidak terdapat dimensi ke 4 yaitu waktu.
Di film 4 dimensi ini juga diperlukan kacamata khusus juga untuk melihat film ini karena film ini juga adalah film 3 dimensi. Kacamata khsus tadi dapat  membuat penonton merasa benar-benar berada di dalam film tersebut. Gambar-gambar 3 dimensi yang sebenarnya gambar maya seolah menjadi nyata, buktinya adalah gambar yang seloah-olah keluar dan menghampiri penonton sehingga penonton terkadang berteriak. Kursi yang bias bergerak selaras dengan film sehingga kita seolah berada di dalam film. Efek nyata lainnya hembusan angin berhembus di dalam teater, bahkan gerimis hujan pun dijatuhkan dari langit-langit teater seakan-akan penonton merasakan hujan yang ada di dalam film itu.
Sehingga dimensi ke 4 dalam film 4 dimensi adalah efek-efek nyata agar kita seolah berada di dalam film, sehingga nama 4 dimensi sendiri itu digunakan untuk menarik minat pengunjung.

 
B.Rekayasa dalam film 4 dimensi 

rekayasa yang digunakan dalam film 4 dimensi meliputi beberapa hal, yaitu :
  • Film 3 dimensi
Film 3 dimensi sendiri memiliki berbagai macam rekyasa dalam pembuatan film tersebut, sehingga gambar dalam film tersebut dapat seolah-olah keluar dari layar.

  • Efek angin
angin in dihasilkan dari blower, yang mana blower itu sendiri di program agar hidup saat situasi tertentu dalam film.

  • Efek semprotan air
Efek ini tentunya dihasilkan oleh selang atau saluran air yang deprogram menyemprot saat ada kejadian ber-air dalam film. Contohnya ketika terdapat adegan jatuh dari air terjun, terkadan para penonton berteriak karena efek semprotan ini.

  • Efek kursi yang bergerak
Efek ini paling membutuhkan banyak energi, karena harus menggerakkan puluhan penonton sekaligus. Sehingga efek ini terkadang tidak terasa nyata karena kesalahan teknisnya.

C.       Perbedaan film 4 dimensi dengan film 2 dimensi dan 3 dimensi
Berikut perbedaan film 4 dimensi dengan film 2 dimensi dan 3 dimensi dalam bentuk table :
Pembeda
Film 2 dimensi
Film 3 dimensi
Film 4 dimensi
Media output gambar
Biasa
Khusus
Khusus
Persebaran
Mudah dijumpai dimana saja
Mudah dijumpai dimana saja
Hanya berada di lokasi-lokasi tertentu
Hasil output gambar
Terlihat 2 dimensi
Terlihat 3 dimensi
Terlihat 3 dimensi dan lebih nyata

10
 
Alat khusus
Tidak butuh
Butuh Kaca mata khusus
Butuh Kaca mata khusus
Durasi film
Lama
Lama
Singkat
Efek tambahan
Tidak ada
Seolah-olah gambar muncul  dari layar
Semprotan air, kursi yang bergoyang, dan efek angin
Biaya
Lebih murah
sedang
Relative lebih mahal

D.      Pengaruh film 4 dimensi
Dunia hiburan
       Menambah peminat konsumen untuk mengunjungi tempat-tempat liburan yang menyediakan fasilitas tersebut. Dan menambah pengalaman baru dalam merasakan sensasi baru saat melihat film 4 dimensi.

Industri
       Banyaknya peminat untuk menyaksikan film 4 dimensi dari berbagai umur, sehingga bisa mendapatkan keuntungan juga sangat tinggi dibandingkan film biasa. Langkanya pembuatan film ini, membuat persaingan dalam industri tidak sulit, namun proses pembuatan film ini bias dibilang cukup rumit.

Pendidikan
       Berpengaruh baik jika film yang ditontonkan adalah yang membari pesan baik dan mengandung nilai edukasi seperti film Dora dan Diego. Berpengaruh buruk apabila yang ditonton juga buruk sepeti aksi kekerasan, sehingga dapat merusak psikis anak. Selain itu hiburan membuat anak ketagihan dan sukar belajar sehingga butuh bimbingan dari keluarga untuk mengatur hal tersebut.

Kesehatan
       Jika terlalu sering menonton, dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Karena mata dipaksa bekerja secara berbeda antara kiri dan kanan, agar film yang ditontonnya dapat mengeluarkan gambar 3 dimensi tersebut.
       Beberapa penonton terkadang mengeluhkan bau-bau yang muncul akibat efek air pada film Pirates of the Caribbean. Sementara penonton lainnya mengaku mual dan sempat tuli sementara usai menonton Transformers.



BAB IV
PENUTUP

A.     Simpulan

Dari uraian diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Film 4 dimensi bukanlah film dengan tambahan dimensi lain, namun film 4 dimensi adalah film 3 dimensi yang diberi efek lebih nyata seperti efek angin, semprotan air, kursi yang bergoyang, dan bau-bauan.
  2. Rekayasa yang terdapat dalam film 4 dimensi adalah film 3 dimensi yang ditambah efek angin, cipratan air dan kursi yang bergerak-gerak.
  3. Perbedaan film 4 dimensi dengan film 3 dimensi adalah penambahan efek-efek yang lebih nyata pada film 4 dimensi tapi tampilan gambar bisa dibilang sama. Sedangkan perbedaan dengan film 2 dimensi adalah gambar pada film yang dihasilkan film 2 dimensi tidak dapat seolah-olah muncul keluar dari layar dan juga tidak ada efek nyata seperti semprotan air dan angin.
  4. Adanya film 4 dimensi ini sangat berpengaruh sekali dalam berbagai aspek kehidupan terutama dunia hiburan.

B.     Saran

  1. Sebaiknya bioskop 4 dimensi yang berada di gelanggang samudra kualitasnya lebih ditingkatkan lagi, karena efek-efek seperti semprotan air dan goyangan kursi sudah mengalami sedikit gangguan teknis.
  2. Sebaiknya sekrup kacamata hitam yang digunakan untuk menonton film 4 dimensi lebih dikencangkan, karena sudah mulai kendor.
  3. Sebaiknya keamanan disekitar Gelanggang Samudra dan objek wisata lainnya lebih ditingkatkan, karena masih banyak laporan tentang kehilangan barang.
DAFTAR PUSTAKA


Buku Panduan Widya Wisata Yogyakarta-Bandung-Jakarta
Http://www.google.com
http://www.forumkami.net/cafe/1639-sedikit-mengenai-dimensi.html
http://www.indonesia-pintar/Gelanggang_Samudera_Ancol.co.id/2010,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Denah Unesa Ketintang

Lambang atau logo SMA Negeri 1 Sidayu

Gerobak Sampah ( contoh cerpen b.indonesia << tugas sekolah minimal 700 kata )