laporan widya wisata
hari ini lagi penat, gak tau enaknya posting apa,,
ya udah dech post kerjaanku selama 1 bulan in aja. oh iya laporan WW jakarta ini judulnya tidak semua guru pembimbing akan menerimanya, tergantung guru pembimbingnya dan kebetulan guru pembimbings ane nerima. klo mau download yg susunannya rapi ini linknya http://downloads.ziddu.com/download/23962988/Laporan-WW-Emir-Musa.doc.html
klo gk bisa diidownload, komen aja dibawah
dibawa ini sekilas kelihatannya,,
logo
MENGETAHUI,
Benda 3D memiliki gerak, yang memungkinkan mereka berpindah dari satu ruang ke ruang lainnya, dimensi ke empat ini disebut juga dengan waktu, tapi manusia tidak dapat melihat bentuk dari waktu itu sendiri, sebab manusia merupakan wujud 3 dimensi yang lebih rendah dari 4 dimensi.
Dimensi selanjutnya betul-betul sukar untuk dijelaskan, tetapi matematika dapat menjabarkannya dan menggambarkannya, meskipun melalui wujud 2D(gambar).
Square(segi empat) adalah contoh dari 2 dimensi, yaitu dimensi gambar, dimana yang digunakan adalah diagram X dan Y.
Cube(kubus) adalah contoh dari 3 dimensi, yaitu dimensi ruang, manusia, hewan, tumbuhan, mobil, batu, merupakan contoh nyata dari benda berdimensi 2 ini...diagram yang digunakan adalah X, Y dan Z.
Hypercube(kubus super) adalah contoh dari 4 dimensi, yaitu dimensi waktu. mulai dari dimensi ini, kita yang hanya makhluk 3 dimensi akan sangat sulit untuk membayangkan bagaimana dimensi ini. contoh dari dimensi ke 4 ini adalah waktu. semua benda 3 dimensi tidak pernah lepas dari apa yang disebut waktu. mulai dari kita lahir, remaja, tua, mati, semuanya terjadi dalam proses waktu yang tidak bisa kita lihat atau rasakan, tetapi kita sebagai makhluk 3 dimensi tunduk dengan waktu.
Secara matematika, masih banyak terdapat dimensi lain selain ke empat dimensi tersebut, walaupun sebuah hal yang mustahil bagi kita untuk membayangkan bagaimana bentuk dimensi tersebut, tetapi kita dapat menggambarkannya.
Gelanggang Samudra
Sinema 4D Wahana adalah Sinema 4D atau pertunjukan 4 dimensi. Di dalam, petugas akan membagikan kacamata khusus. Setelah menunggu beberapa lama di depan pintu, penonton akan masuk ke dalam teater. Film yang disajikan berdurasi kurang lebih 15 menit. Dengan memakai kacamata khusus, anda akan merasakan gambar ada di depan Anda dan seolah dapat disentuh, ditambah dengan kursi yang dapat bergoyang-goyang dan semburan air atau angin pada adegan tertentu sehingga anda dapat merasakan suasana sesungguhnya.
Gelanggang Samudra Gelanggang Samudra Ancol dapat menjadi tempat rekreasi yang mendidik. Anda dapat mengenalkan berbagai satwa pada anak anda. Selain itu, terdapat akuarium air tawar yang menampilkan berbagai ikan air tawar yang berada di sungai baik di Indonesia maupun luar negeri. Anda juga dapat mengunjungi akuarium air laut yang akan menyajikan berbagai ikan air laut yang lucu dan unik. Anda juga dapat mengunjungi area wisata belajar sebagai sarana belajar yang baik bagi putra-putri anda.
Selain berbagai sarana edukasi, terdapat juga beberapa permainan menarik berupa wahana ride seperti Kiddy Bumper Car yang disebut Laga Logon, Boto-boto yaitu permainan miniatur pesawat yang berputar-putar untuk anak-anak, serta Ubur-ubur yaitu Ballon Ride. Wahana permainan ini dapat menambah senang rekreasi Anda di Gelanggang Samudra. Gelanggang Samudra Ancol juga merupakan oseanarium (oceanarium) yang menawarkan rekreasi, konservasi, dan pendidikan untuk seluruh keluarga.
ya udah dech post kerjaanku selama 1 bulan in aja. oh iya laporan WW jakarta ini judulnya tidak semua guru pembimbing akan menerimanya, tergantung guru pembimbingnya dan kebetulan guru pembimbings ane nerima. klo mau download yg susunannya rapi ini linknya http://downloads.ziddu.com/download/23962988/Laporan-WW-Emir-Musa.doc.html
klo gk bisa diidownload, komen aja dibawah
dibawa ini sekilas kelihatannya,,
GELANGGANG SAMUDRA
REKAYASA FILM 4 DIMENSI
LAPORAN WIDYA WISATA
YOGYAKARTA-BANDUNG-JAKARTA 24
s/d 28 JUNI 2012
logo
Oleh :
Emir Musa
NIS : 6374
PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 SIDAYU
Jl. Pahlawan No. 06 Telp. (031)
3943696 Sidayu Gresik
Website :
www.smansigres.sch.id Email :
20500474@dispendik.gresik.go.id
HALAMAN PENGESAHAN
“LAPORAN INI TELAH DITERIMA DAN DISAHKAN OLEH KEPALA SMA
NEGERI 1 SIDAYU GRESIK, PADA :
HARI :
TANGGAL :
MENGETAHUI,
KEPALA SEKOLAH PEMBIMBING
Arif Suswanto, S. Pd. M. Pd Syaiful
Ulum, S.Pd.,M.Pd
NIP. 196504141988031021
NIP. 19590825 197703 001
|
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT, atas segala
limpahan rahmat serta hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan laporan
kegiatan widya wisata
Yogyakarta-Bandung-Jakarta 24 s/d 28 Juni 2012 yang berjudul “REKAYASA FILM 4
DIMENSI” yang mana widya wisata itu sendiri di selenggarakan oleh SMA Negeri 1
Sidayu.
Laporan kegiatan ini diharap
dapat digunakan sebagai acuan dalam pembuatan laporan widya wisata
tahun-tahun selanjutnya agar dapat
memudahkan adik-adik kelas dalam membuat laporan widya wisata selanjutnya.
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada :
- Bapak Arif Suswanto, S.Pd, M.Pd selaku kepala sekolah SMA Negeri 1 Sidayu
- Ibu Mas’idah, S.Pd, M.Pd selaku wali kelas XII IPA 1
- Bapak Syaiful Ulum, S.Pd, M.Pd selaku guru pembimbing laporan widya wisata
- Bapak/Ibu guru yang ikut serta dalam kegiatan widya wisata
- Serta teman-teman yang telah membantu dalam pembuatan laporan ini
Saya sadar dalam penyusunan laporan ini masih banyak kekurangan,
karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang
membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan laporan ini.
Demikian kata pengantar ini dibuat, semoga dapat bermanfaat, khususnya
bagi siswa-siswi dan pembaca, sekian dan terimakasih.
Sidayu, 06
September 2012
Emir Musa
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii
BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar
Belakang Masalah 1
B. Rumusan
Masalah 1
C. Tujuan 2
D. Landasan
Teori 2
E. Metode
Pengumpulan Data 4
BAB II PENYAJIAN DATA 5
A. Latar
Belakang Obyek 5
B. Penyajian
Data 7
BAB III PEMBAHASAN 8
A.
Pengertian film 4 dimensi 8
B.
Rekayasa dalam film 4 dimensi 9
C.
Perbedaan film 4 dimensi dengan film 2
dimensi
dan 3
dimensi 9
D. Pengaruh
film 4 dimensi 10
BAB IV PENUTUP 11
A. Simpulan 11
B. Saran 11
DAFTAR PUSTAKA 12
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah
Dewasa
ini dunia teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat di
hampir seluruh aspek kehidupan manusia. Kebutuhan manusia yang beragam
mengakibatkan teknologi informasi terus maju dan berkembang untuk menemukan
inovasi-inovasi baru yang nantinya akan
menjadi tren di masyarakat, salah satu kebutuhan yang tidak bisa lepas
dari manusia adalah hiburan. Salah satu
kebutuhan inilah yang membuat teknologi dalam dunia hiburan semakin dikembangkan
pula.
Di zaman ini kita mungkin tidak asing dengan film 4 dimensi. Film tersebut bahkan sudah diiklankan di televisi dan dipelopori oleh salah satu taman hiburan ternama di Indonesia. Dalam iklan tersebut menggambarkan bahwa para penonton film 4 dimensi tersebut dapat merasakan secara langsung seperti apa yang ada dalam film 4 dimensi tersebut. Ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dalam dunia hiburan semakin canggih . Hal tersebut dilakukan untuk menambah minat konsumen untuk menikmati hiburan tersebut, karena persaingan dalam dunia hiburan semakin hari semakin ketat.
Di zaman ini kita mungkin tidak asing dengan film 4 dimensi. Film tersebut bahkan sudah diiklankan di televisi dan dipelopori oleh salah satu taman hiburan ternama di Indonesia. Dalam iklan tersebut menggambarkan bahwa para penonton film 4 dimensi tersebut dapat merasakan secara langsung seperti apa yang ada dalam film 4 dimensi tersebut. Ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi dalam dunia hiburan semakin canggih . Hal tersebut dilakukan untuk menambah minat konsumen untuk menikmati hiburan tersebut, karena persaingan dalam dunia hiburan semakin hari semakin ketat.
Namun film 4 dimensi masih menimbulkan banyak pertanyaan.
Logika-nya dunia yang kita huni sekarang hanya memiliki 3 dimensi dan secara ilmiah
kita tidak dapat melampaui dimensi diatas kita.
Oleh karena itu pada kegiatan tugas laporan ini saya ingin
mengenal dan memperkenalkan secara mudah dan ringan agar pembaca menjadi lebih
cepat dan mudah memahami tentang apa itu film 4 dimensi
.
.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, penulis dapat merumuskan beberapa permasalahan,
diantaranya :
1. Apa
yang dimaksud film 4 dimensi ?
2. Rekayasa
apa saja yang digunakan dalam film 4 dimensi ?
3. Apa
yang membedakan film 4 dimensi dengan film 2 dimensi dan 3 dimensi ?
4. Pengaruh-pengaruh film 4 dimensi terhadap berbagai
aspek
kehidupan ?
C. Tujuan
- Untuk mengetahui tentang film 4 dimensi
- Untuk mengetahui rekayasa apa saja yang ada di balik film 4 dimensi
- Untuk mengetahui perbedaan film 4 dimensi dengan film 2 dimensi dan 3 dimensi.
- Untuk mengetahui pengaruh film 4 dimensi dalam berbagai aspek kehidupan.
D.
Landasan
Teori
Dimensi
Definisi dimensi atau dalam bahasa latinnya
adalah dimensio merupakan ukuran. Dimensi suatu besaran merupakan hubungan
antara besaran itu dengan besaran-besaran pokok.
Konsep dari dimensi adalah hubungan.
- 0 dimensi adalah titik. dimana ia berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan apapun dengan hal lainnya.
- 1 dimensi adalah sebuah garis yang dihubungkan dari satu titik ke titik satunya lagi, dimana dia hanya dapat berhubungan ke titik lain tersebut, dengan kata lain memiliki panjang.
- 2 dimensi adalah sebuah gambar, dimana hubungannya tidak lagi terbatas pada satu titik, tetapi bisa juga ke titik lainnya, dengan kata lain memiliki panjang dan lebar
- 3 dimensi adalah perwujudan ruang, dimana tidak hanya memiliki panjang dan lebar, tetapi juga memiliki tinggi, dimana hubungan antara gambar yang 2 dimensi memiliki satu titik tambahan yang berada diatas permukaannya yang datar yaitu tinggi. yang memungkinkan terjadinya ruang karena memiliki tinggi.
- 4 dimensi adalah hal yang sulit dibayangkan, namun pengetahuan mengungkapkan bahwa selain panjang, lebar dan tinggi, 4 dimensi memiliki apa yang disebut gerak.
Konsep dari dimensi adalah hubungan.
- 0 dimensi adalah titik. dimana ia berdiri sendiri dan tidak memiliki hubungan apapun dengan hal lainnya.
- 1 dimensi adalah sebuah garis yang dihubungkan dari satu titik ke titik satunya lagi, dimana dia hanya dapat berhubungan ke titik lain tersebut, dengan kata lain memiliki panjang.
- 2 dimensi adalah sebuah gambar, dimana hubungannya tidak lagi terbatas pada satu titik, tetapi bisa juga ke titik lainnya, dengan kata lain memiliki panjang dan lebar
- 3 dimensi adalah perwujudan ruang, dimana tidak hanya memiliki panjang dan lebar, tetapi juga memiliki tinggi, dimana hubungan antara gambar yang 2 dimensi memiliki satu titik tambahan yang berada diatas permukaannya yang datar yaitu tinggi. yang memungkinkan terjadinya ruang karena memiliki tinggi.
- 4 dimensi adalah hal yang sulit dibayangkan, namun pengetahuan mengungkapkan bahwa selain panjang, lebar dan tinggi, 4 dimensi memiliki apa yang disebut gerak.
Benda 3D memiliki gerak, yang memungkinkan mereka berpindah dari satu ruang ke ruang lainnya, dimensi ke empat ini disebut juga dengan waktu, tapi manusia tidak dapat melihat bentuk dari waktu itu sendiri, sebab manusia merupakan wujud 3 dimensi yang lebih rendah dari 4 dimensi.
Dimensi selanjutnya betul-betul sukar untuk dijelaskan, tetapi matematika dapat menjabarkannya dan menggambarkannya, meskipun melalui wujud 2D(gambar).
Square(segi empat) adalah contoh dari 2 dimensi, yaitu dimensi gambar, dimana yang digunakan adalah diagram X dan Y.
Cube(kubus) adalah contoh dari 3 dimensi, yaitu dimensi ruang, manusia, hewan, tumbuhan, mobil, batu, merupakan contoh nyata dari benda berdimensi 2 ini...diagram yang digunakan adalah X, Y dan Z.
Hypercube(kubus super) adalah contoh dari 4 dimensi, yaitu dimensi waktu. mulai dari dimensi ini, kita yang hanya makhluk 3 dimensi akan sangat sulit untuk membayangkan bagaimana dimensi ini. contoh dari dimensi ke 4 ini adalah waktu. semua benda 3 dimensi tidak pernah lepas dari apa yang disebut waktu. mulai dari kita lahir, remaja, tua, mati, semuanya terjadi dalam proses waktu yang tidak bisa kita lihat atau rasakan, tetapi kita sebagai makhluk 3 dimensi tunduk dengan waktu.
Secara matematika, masih banyak terdapat dimensi lain selain ke empat dimensi tersebut, walaupun sebuah hal yang mustahil bagi kita untuk membayangkan bagaimana bentuk dimensi tersebut, tetapi kita dapat menggambarkannya.
Film
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian film secara
fisik adalah selaput tipis yang terbuat dari seluloid untuk tempat gambar
negatif (yang akan dibuat potret) atau tempat gambar positif (yang akan
dimainkan di bioskop). Sedangkan melalui kesepakatan sosial istilah film
memperoleh arti seperti yang secara umum dipahami yaitu lakon (cerita) gambar
hidup atau segala sesuatu yang berkaitan dengan gambar hidup. Pengertian film
kini juga diartikan sebagai sebuah genre dalam kesenian.Seni tari, seni musik,
dan juga seni film.Karena didalam sebuah film atau rekaman gambar bergerak,
kita dapat menemukan berbagai jenis seni yang direkam.
E. Metode
Pengumpulan Data
Dalam
penulisan laporan Widya Wisata, penulis menggunakan beberapa metode pengumpulan
data yang meliputi :
- Riset Lapangan(Fill Research)
Penulis mengamati
langsung pada tempat wisata yang saya kunjungi untuk mencari informasi lebih
jelas tantang objek-objek yang diteliti.
Yaitu film 4 dimensi yang
terdapat di Gelanggang samudra
- Study Pustaka
Penulis memanfaatkan
perpustakaan untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan penulisan laporan
Widya Wisata ini.
- Study internet
Penulis menggunakan sarana
internet untuk melengkapi data yang telah terkumpul.
BAB
II
PENYAJIAN
DATA
A. Latar belakang obyek
Gelanggang Samudra
Sejak berdiri pada
1974, Gelanggang Samudra Ancol dikenal sebagai tempat hiburan sekaligus
perawatan hewan mamalia. Selama itu pula pengelola tempat wisata dan konservasi
satwa air ini berhasil mengembangbiakkan lebih dari 20 ekor
lumba-lumba. Lokasi Gelanggang Samudera berada tak jauh dari areal Sea
World.
Di dalam Gelanggang
Samudra Ancol, ada beberapa wahana yang bisa jadi pilihan menarik untuk
dinikmati. Wahana Atraksi Lumba-Lumba dan Singa Laut, Pentas Aneka Satwa,
Aquarium Laut, dan yang terbaru adalah Sinema 4 Dimensi.
PT Taman Impian
Jaya Ancol, selaku pengelola Gelanggang Samudra Ancol, mengadakan pentas
mamalia yang berkapasitas dua ribu orang. Pentas lumba-lumba ini selalu
menghadirkan lumba-lumba jenis hidung botol (Tursiops aduncus) yang merupakan
hewan asli Indonesia dari Laut Jawa. Beragam atraksi, semisal bermain bola dan
melompati lingkaran api, sering mendapat sambutan meriah pengunjung.
Seperti tidak kalah
dengan lumba-lumba, dua paus putih juga beratraksi di tempat yang sama. Sebagai
mamalia laut, paus putih juga memiliki kecerdasan yang tidak jauh berbeda
dengan lumba-lumba. Satwa lucu ini mampu menunjukkan beragam atraksi menarik,
seperti menari dan bernyanyi.
Paus putih berasal dari
Rusia yang tiba di Gelanggang Samudra Ancol tiga tahun lalu. Mamalia lainnya
adalah lima singa laut dari Uruguay dan AS. Untuk mendatangkan hewan dari luar
negeri, pengelola telah mendapat izin khusus dari lembaga perlindungan satwa
internasional. Perawatan dan pemantauan kesehatan mamalia tersebut
ditangani oleh tim medis. Dokter hewan dan sekitar 15 stafnya selalu siaga
dalam merawat kesehatan semua mamalia yang ada di kebun binatang dan aquaria
seluas tujuh hektar ini.
Selain merawat mamalia laut, Gelanggang Samudra Ancol memelihara biota laut (ikan dan terumbu karang) dalam akuarium khusus. Begitu pula dengan biota air tawar. Jumlah ikan dari dua biota tersebut ada 500 ekor. Di akuarium itu ada tiga orang yang bertanggung jawab mengawasi dan memelihara satwa ini. Di Gelanggang Samudra Ancol ini ada mamalia yang menarik lainya, yakni kuda nil dari Tanzania, Afrika. Hewan ini adalah mamalia khas Afrika yang tidak bisa dijumpai di Indonesia. Untuk mamalia lokal, Gelanggang Samudra Ancol memiliki lima beruang madu Sumatra.
Selain merawat mamalia laut, Gelanggang Samudra Ancol memelihara biota laut (ikan dan terumbu karang) dalam akuarium khusus. Begitu pula dengan biota air tawar. Jumlah ikan dari dua biota tersebut ada 500 ekor. Di akuarium itu ada tiga orang yang bertanggung jawab mengawasi dan memelihara satwa ini. Di Gelanggang Samudra Ancol ini ada mamalia yang menarik lainya, yakni kuda nil dari Tanzania, Afrika. Hewan ini adalah mamalia khas Afrika yang tidak bisa dijumpai di Indonesia. Untuk mamalia lokal, Gelanggang Samudra Ancol memiliki lima beruang madu Sumatra.
Gelanggang Samudra
Ancol memiliki akuarium air tawar dan air laut. Akuarium air tawar memiliki
berbagai macam fauna air tawar di dalamnya, termasuk Arwana (dari Indonesia),
ikan sorubin lima, buaya dan silver dollar. Koleksi ikan dalam akuarium air
laut termasuk seafish dan ikan baronang. Museum laut memiliki koleksi preserved
corals, sea mohisha, anatomy of sea lion dan porpoise. Pengunjung dapat pula
melihat rangka of whale di museum ini.
Gelanggang Samudra
Ancol tidak hanya menampilkan atraksi satwa air, melainkan juga memberikan
program edukasi. Misalnya saja praktikum biologi bagi pelajar SMP-SMA tanpa
dipungut bayaran. Peserta akan diajak menganalisis satwa air melalui alat
peraga dan praktikum laboratorium di Gelanggang Samudra Ancol. Tempat ini juga
menjalin kerja sama dengan instansi pemerintah dan LSM lingkungan dalam program
pendidikan kelautan.
Sinema
4 Dimensi
Sinema 4 Dimensi
tergolong wahana baru di Gelanggang Samudra Ancol. Bentuk bangunan utama The
Pyramids 4D Theatre ini dibuat mirip dengan istana Kerajaan suku Aztec yang
pernah hidup di benua Amerika pada abad ke- 500SM. Menempati luas area 2200 m²,
dengan piramid setinggi lebih dari 20 meter, bangunan istana ini tampak unik
dan menonjol.
Dengan lima jadwal
pertunjukan setiap harinya, antrean penonton cukup panjang, terutama pada hari
libur dan weekend, wahana ini padat pengunjung. Dari pintu masuk pertama,
pengunjung akan melintasi jalan berliku yang turun naik. Interiornya dibuat
berkesan lampau. Lampu-lampu dan jaring laba-laba besar, menyambut di sudut
dinding. Dinding-dindingnya terlukis aneka gambar dengan warna-warni menarik.
Sampai pada sebuah ruangan luas, terdapat tiga pintu gerbang utama untuk masuk
ke ruang 4D Theatre. Para penonton juga diberikan kacamata khusus untuk 4
Dimensi.
Ruangan gelap dan
dingin ber-AC ini, memiliki layar sinema sebesar 24 m x 14 m. Ini adalah
theater sinema terbesar se-Asia Tenggara. Tua, muda, anak-anak, remaja, dan
orang dewasa, dapat duduk nyaman dan menikmati kejutan-kejutan petualangan di
wahana ini. Kualitas gambar film animasi dari Belgia ini pun didukung dengan fasilitas
layar sinema dan alat pengontrolnya yang diimpor dari Austria, sound system dari Jerman, dan proyektor yang didatangkan dari Amerika.
B. Peranan
Gelanggang Samudra
Gelanggang Samudra
Ancol merupakan sebuah oseanarium atau oceanarium. Oseanarium merupakan
taman mamalia laut dan mahluk laut lainnya. Selain menikmati rekreasi bersama
keluarga, di sini Anda akan mendapatkan berbagai pengetahuan yang menarik
mengenai mamalia laut seperti lumba-lumba, paus, singa laut, dan binatang laut
lainnya. Gelanggang Samudra Ancol juga menjadi sarana konservasi satwa laut.
Ada 4 wahana utama yang terdapat di Gelanggang Samudra, Ancol. Pertama, adalah
wahana pertunjukan Aneka Satwa, wahana pertunjukan Singa Laut, wahana
pertunjukan Lumba-Lumba dan Paus Putih, serta wahana Sinema
4D atau 4D Theatre.
Sinema 4D Wahana adalah Sinema 4D atau pertunjukan 4 dimensi. Di dalam, petugas akan membagikan kacamata khusus. Setelah menunggu beberapa lama di depan pintu, penonton akan masuk ke dalam teater. Film yang disajikan berdurasi kurang lebih 15 menit. Dengan memakai kacamata khusus, anda akan merasakan gambar ada di depan Anda dan seolah dapat disentuh, ditambah dengan kursi yang dapat bergoyang-goyang dan semburan air atau angin pada adegan tertentu sehingga anda dapat merasakan suasana sesungguhnya.
Gelanggang Samudra Gelanggang Samudra Ancol dapat menjadi tempat rekreasi yang mendidik. Anda dapat mengenalkan berbagai satwa pada anak anda. Selain itu, terdapat akuarium air tawar yang menampilkan berbagai ikan air tawar yang berada di sungai baik di Indonesia maupun luar negeri. Anda juga dapat mengunjungi akuarium air laut yang akan menyajikan berbagai ikan air laut yang lucu dan unik. Anda juga dapat mengunjungi area wisata belajar sebagai sarana belajar yang baik bagi putra-putri anda.
Selain berbagai sarana edukasi, terdapat juga beberapa permainan menarik berupa wahana ride seperti Kiddy Bumper Car yang disebut Laga Logon, Boto-boto yaitu permainan miniatur pesawat yang berputar-putar untuk anak-anak, serta Ubur-ubur yaitu Ballon Ride. Wahana permainan ini dapat menambah senang rekreasi Anda di Gelanggang Samudra. Gelanggang Samudra Ancol juga merupakan oseanarium (oceanarium) yang menawarkan rekreasi, konservasi, dan pendidikan untuk seluruh keluarga.
BAB
III
PEMBAHASAN
A. Pengertian film 4 dimensi
Kita tahu bahwa dunia
yang kita huni saat ini memiliki 3 dimensi, yaitu sumbu X,Y ,dan Z(panjang
lebar dan tebal). Namun lain hanya dengan film 4 dimensi, setelah melakukan
observasi maka penulis dapat menyatakan bahwa dimensi ke 4 dari film 4 dimensi
bukanlah dimensi waktu melainkan adalah film 3 dimensi yang diberi efek lebih
nyata seperti efek angin, kursi yang begoyang, semprotan air dan bau-bauan yang
sajalan dengan film yang diputar saat itu. Sehingga kata “4 dimensi” sendiri
hanya kata yang digunakan untuk menarik minat konsumen dan sama sekali tidak
terdapat dimensi ke 4 yaitu waktu.
Di film 4 dimensi ini
juga diperlukan kacamata khusus juga untuk melihat film ini karena film ini
juga adalah film 3 dimensi. Kacamata khsus tadi dapat membuat penonton merasa benar-benar
berada di dalam film tersebut. Gambar-gambar 3 dimensi yang sebenarnya
gambar maya seolah menjadi nyata, buktinya adalah gambar yang seloah-olah
keluar dan menghampiri penonton sehingga penonton terkadang berteriak. Kursi
yang bias bergerak selaras dengan film sehingga kita seolah berada di dalam
film. Efek nyata lainnya hembusan angin berhembus di dalam teater, bahkan
gerimis hujan pun dijatuhkan dari langit-langit teater seakan-akan
penonton merasakan hujan yang ada di dalam film itu.
Sehingga dimensi ke 4 dalam film
4 dimensi adalah efek-efek nyata agar kita seolah berada di dalam film,
sehingga nama 4 dimensi sendiri itu digunakan untuk menarik minat pengunjung.
rekayasa yang digunakan dalam film 4 dimensi meliputi beberapa hal, yaitu : |
- Film 3 dimensi
Film
3 dimensi sendiri memiliki berbagai macam rekyasa dalam pembuatan film
tersebut, sehingga gambar dalam film tersebut dapat seolah-olah keluar dari
layar.
- Efek angin
angin
in dihasilkan dari blower, yang mana
blower itu sendiri di program agar hidup saat situasi tertentu dalam film.
- Efek semprotan air
Efek
ini tentunya dihasilkan oleh selang atau saluran air yang deprogram menyemprot
saat ada kejadian ber-air dalam film. Contohnya ketika terdapat adegan jatuh
dari air terjun, terkadan para penonton berteriak karena efek semprotan ini.
- Efek kursi yang bergerak
Efek
ini paling membutuhkan banyak energi, karena harus menggerakkan puluhan
penonton sekaligus. Sehingga efek ini terkadang tidak terasa nyata karena
kesalahan teknisnya.
C. Perbedaan film 4 dimensi dengan
film 2 dimensi dan 3 dimensi
Berikut
perbedaan film 4 dimensi dengan film 2 dimensi dan 3 dimensi dalam bentuk table
:
Pembeda
|
Film 2 dimensi
|
Film 3 dimensi
|
Film 4 dimensi
|
||
Media
output gambar
|
Biasa
|
Khusus
|
Khusus
|
||
Persebaran
|
Mudah
dijumpai dimana saja
|
Mudah
dijumpai dimana saja
|
Hanya
berada di lokasi-lokasi tertentu
|
||
Hasil
output gambar
|
Terlihat
2 dimensi
|
Terlihat
3 dimensi
|
Terlihat
3 dimensi dan lebih nyata
|
||
|
Tidak
butuh
|
Butuh
Kaca mata khusus
|
Butuh
Kaca mata khusus
|
||
Durasi
film
|
Lama
|
Lama
|
Singkat
|
||
Efek
tambahan
|
Tidak
ada
|
Seolah-olah
gambar muncul dari layar
|
Semprotan
air, kursi yang bergoyang, dan efek angin
|
||
Biaya
|
Lebih
murah
|
sedang
|
Relative
lebih mahal
|
D. Pengaruh film 4 dimensi
Dunia
hiburan
Menambah peminat konsumen untuk
mengunjungi tempat-tempat liburan yang menyediakan fasilitas tersebut. Dan
menambah pengalaman baru dalam merasakan sensasi baru saat melihat film 4
dimensi.
Industri
Banyaknya peminat untuk menyaksikan film
4 dimensi dari berbagai umur, sehingga bisa mendapatkan keuntungan juga sangat
tinggi dibandingkan film biasa. Langkanya pembuatan film ini, membuat persaingan
dalam industri tidak sulit, namun proses pembuatan film ini bias dibilang cukup
rumit.
Pendidikan
Berpengaruh baik jika film yang
ditontonkan adalah yang membari pesan baik dan mengandung nilai edukasi seperti
film Dora dan Diego. Berpengaruh buruk apabila yang ditonton juga buruk sepeti
aksi kekerasan, sehingga dapat merusak psikis anak. Selain itu hiburan membuat
anak ketagihan dan sukar belajar sehingga butuh bimbingan dari keluarga untuk
mengatur hal tersebut.
Kesehatan
Jika terlalu sering menonton, dapat
menyebabkan kerusakan pada mata. Karena mata dipaksa bekerja secara berbeda
antara kiri dan kanan, agar film yang ditontonnya dapat mengeluarkan gambar 3
dimensi tersebut.
Beberapa penonton terkadang mengeluhkan bau-bau yang muncul
akibat efek air pada film Pirates of the Caribbean. Sementara penonton lainnya
mengaku mual dan sempat tuli sementara usai menonton Transformers.
BAB
IV
PENUTUP
A. Simpulan
Dari
uraian diatas, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :
- Film 4 dimensi bukanlah film dengan tambahan dimensi lain, namun film 4 dimensi adalah film 3 dimensi yang diberi efek lebih nyata seperti efek angin, semprotan air, kursi yang bergoyang, dan bau-bauan.
- Rekayasa yang terdapat dalam film 4 dimensi adalah film 3 dimensi yang ditambah efek angin, cipratan air dan kursi yang bergerak-gerak.
- Perbedaan film 4 dimensi dengan film 3 dimensi adalah penambahan efek-efek yang lebih nyata pada film 4 dimensi tapi tampilan gambar bisa dibilang sama. Sedangkan perbedaan dengan film 2 dimensi adalah gambar pada film yang dihasilkan film 2 dimensi tidak dapat seolah-olah muncul keluar dari layar dan juga tidak ada efek nyata seperti semprotan air dan angin.
- Adanya film 4 dimensi ini sangat berpengaruh sekali dalam berbagai aspek kehidupan terutama dunia hiburan.
B. Saran
- Sebaiknya bioskop 4 dimensi yang berada di gelanggang samudra kualitasnya lebih ditingkatkan lagi, karena efek-efek seperti semprotan air dan goyangan kursi sudah mengalami sedikit gangguan teknis.
- Sebaiknya sekrup kacamata hitam yang digunakan untuk menonton film 4 dimensi lebih dikencangkan, karena sudah mulai kendor.
- Sebaiknya keamanan disekitar Gelanggang Samudra dan objek wisata lainnya lebih ditingkatkan, karena masih banyak laporan tentang kehilangan barang.
DAFTAR
PUSTAKA
Buku Panduan Widya Wisata Yogyakarta-Bandung-Jakarta
Http://www.google.com
http://www.forumkami.net/cafe/1639-sedikit-mengenai-dimensi.html
http://www.indonesia-pintar/Gelanggang_Samudera_Ancol.co.id/2010,
Komentar
Posting Komentar