jalah petuah (masa depan)

kuliah, kebetulan ada seorang murid di kelasku yang menanyakan hal tersebut kepada ibu guru. dan kelihatannya itu kata itu tampak asing ditelinga murid-murid lain dan termasuk telingaku, walaupun aku pernah merasa pernah mendengar kata-kata itu.
pertanyaanpun pada saat ini sudah memasuki babak selanjutnya, dimana seseorang semakin tahu maka semakin banyak pula yang dia tidak ketahui(katanya begitu). maksudnya temanku itu semakin memiliki berbagai pertanyaan tentang "kuliah", sekalipun aku masih tidak mengetahui tentang kata-kata itu, aku cuma mendengarkan sesi tanyajawab itu dengan separuh hati dan separuh sadar.

murid-murid mungkin sudah bosan melihat guru dan murid itu saling tanya jawab, mungkin ini sudah menyita 15 menit waktu jam pelajaran. walaupun temen-teman terlihat bosan, tapi juga sebenarnya mereka menginginkan agar murid tersebut saling tanya jawab ke ibu guru hingga bunyi lonceng berbunyi. hingga saat itu ibu guru menghentikan pembicaraannya karena merasa sudah memakan waktu yang lama dan pelajaranpun usai.

apa yang diharapkan anak-anak pun terjadi, bel tanda memasuki pelajaran favorite yaitu "istirahatpun" sudah berbunyi. namun anak yang betanya tadi tentang "kuliah" sekarang membaur dengan anak-anak lain termasuk aku dan menceritakan tentang hal yang didapakan tadi.
"kalian tau ? nantinya kalau aku sudah besar, aku akan kuliah keluar negeri" dengan nada tinggi sekali anak itu mengatakannya.
"lalu" tanyaku.
"tentu saja itu menjadi hal yang membanggakan, dan nantinya aku akan menjadi orang sukses" ucapnya dengan PD. namun anak-anakpun tidak tertarik mendengar perkataannya, mungkin kerena tidak mengerti atau menganggapnya sombong karena dia mengetahui tentang "kuliah". daripada aku berdua juga dengan anak itu, akhirnya aku juga ikut membubarkan diri dengan anak-anak lain dan bermain di lapangan.

pulang sekolah aku memikirkan lagi tentang apa itu kuliah.
"orang sukses ?" dalam hatiku bertanya-tanya

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Denah Unesa Ketintang

Lambang atau logo SMA Negeri 1 Sidayu

Gerobak Sampah ( contoh cerpen b.indonesia << tugas sekolah minimal 700 kata )