Hulu 3 Muara

Sebelum kita dilahirkan di dunia ini, kita bahkan tidak pernah bisa lepas dari peran penting air karena air adalah sumber kehidupan seperti yang dikatakan beberapa tayangan di televisi. Selain itu tubuh kita sekitar 70%  adalah air, bayangkan saja bila tidak ada air. Apakah kita bisa hidup dengan 30% tubuh kita ?
Saat kita masih dalam kandungan ibu kita, sadarkah kita sudah terbantu karena adanya air ? tentu saja kita belum sadar karena kita masih di dalam kandungan saat itu. Jangankan saat dikandungan, kita mungkin juga tidak sadar bagaimana kehidupan kita saat masih berumur beberapa bulan setelah lahir. Namun berbeda dengan sekarang, karena kita sudah berada dimasa-masa belia, tentunya kita sering sadar tentang apa yang kita lakukan ,walaupun kita juga sering dengar istilah “alam bawah sadar” tapi bukan hal itu yang akan dibahas. Terlepas dari itu mari kita bahas peranan air yang mungkin jarang kita sadari pentingnya bagi kehidupan kita.

Air ketuban mungkin dua kata yang tidak begitu asing ditelinga kita dan bahkan kita sendiri mungkin sudah tahu bagaimana rupa dan tugas air ketuban itu sendiri. Kita sendiri sudah tahu bahwa air ini tidak seperti kebanyakan air yang kita gunakan untuk dikonsumsi, mandi, cuci motor, mengisi aquarium, atau lain sebagainya. Melainkan air yang bisa dikatakan keruh, kuning, bau, dan bagi sebagian dari kita menganggapnya menjijikkan. Namun dibalik itu semua, air inilah yang membantu kita untuk bertahan hidup didalam kandungan ibu selama berbulan-bulan. Beberapa penelitian telah menelitih (secara teliti tentunya) berbagai macam peranan air ketuban bagi ibu dan janin diantaranya adalah
  1. Sebagai pelindung untuk janin dari benturan yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi.
  2. Berperan sebagai cadangan cairan dan sumber nutrien bagi janin untuk sementara.
  3. Memungkinkan janin bergerak lebih bebas, membantu sistem pencernaan janin, sistem otot dan tulang rangka, serta sistem pernapasan janin agar berkembang dengan baik.
  4. Menjaga kehangatan di sekitar janin.
  5. Pada saat kehamilan, air ketuban juga bisa digunakan untuk mendeteksi kelainan yang dialami janin, khususnya yang berhubungan dengan kelainan kromosom.
  6. Kandungan lemak dalam air ketuban dapat menjadi penanda janin sudah matang atau lewat waktu dan fungsi lainnya yang belum tersebutkan.
Bayangkan saja bila kita tidak dilapisi oleh selaput yang di dalamnya terdapat air ketuban atau kita sudah dilapisi namun lapisan itu rusak sebelum waktunya ? mungkin bentuk kita saat ini tidak seperti manusia atau mungkin saat ini kita tidak dapat membaca artikel ini.
Saat sudah dilahirkan kita sudah tidak akan membutuhkan air ketuban lagi bagi kelangsungan hidup, namun tetap saja tanpa air itu mungkin kita tidak bisa bertahan hidup sampai lahir. Saat setelah kelahiran, kita juga tidak luput dari kebutuhan akan air namun air ini berbeda rupa dan fungsinya dengan air ketuban, namun memiliki kesamaan yaitu sama-sama penting bagi kehidupan kita. Ingatkah kalian air apa yang dibutuhkan seorang bayi yang baru lahir ? yang jelas yang saya maksud itu bukan air hangat untuk membersihkan darah bayi saat baru lahir. Sebagian dari kalian mungkin tahu kepanjangan dari ASI atau kependekan dari air susu ibu. Air itu adalah yang pertama-tama paling kita butuhkah setelah kita lahir untuk konsumsi kita selama kurang lebih 8 bulan(berbeda tiap individu). Berikut adalah beberapa kelebihan dan manfaat ASI
1.     ASI memiliki semua kandungan zat penting yang dibutuhkan oleh sang bayi seperti; protein, kolostrum, lemak, DHA, AA, Omega 6, laktosa , zat besi, dan zat penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh bayi.
2.     Pemberian ASI secara eksklusif juga dapat meningkatkan kedekatan antara ibu dan anak daripada yang tidak memberikan ASI secara eksklusif.
3.     ASI mengandung zat-zat imunitas yang tidak bisa ditemukan disusu kemasan dan zat itu sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas bayi.
4.     ASI sangat bersih dan higienis karena ASI langsung diberikan ibu kepada anaknya tanpa kontaminasi dari zat luar.
5.     Seorang ibu yang memberikan ASI secara eksklusif cenderung memiliki risiko kanker payudara yang rendah daripada yang tidak memberikan ASI eksklusif.

Hingga saat ini kita juga bisa tumbuh menjadi dewasa berkat air yang tak ternilai harganya. tentunya bukan air susu ibu apalagi air ketuban(kecuali kita perempuan dan ingin mengandung anak). Namun air yang tak ternilai harganya yaitu air mata seorang ibu. Bagaimanpun juga peran ibu sangatlah besar bagi kita. Sejak awal dia mengandung kita, dia dengan ikhlas memberi kita ruang untuk berlindung saat kita masih lemah, berjuang antara hidup dan mati hanya untuk melahirkan kita yang belum tentu kita akan berkorban antara hidup dan mati untuk ibunda kita yang memberikan kasih sayangnya melebihi siapapun walaupun suatu saat dia tahu bahwa kita akan melupakan kasih sayangnya yang menyuapi kita makan walau dia tahu sewaktu-waktu kita dapat memuntahkannya dipakaianya dan dia hanya bisa tersenyum melihat ulah kita.
Betapa besarnya peran air bagi kehidupan kita dalam berbagai bentuk dan caranya sendiri untuk menjadikan dirinya bermanfaat. Ketiga air tersebut yang bersumber dari sumber yang sama merupakan salah satu dari beragam bentuk air dan kegunaannya, semestinyalah  kita lebih bijak dalam memperlakukan segala sesuatu yang ada didalam kehidupan kita walau hanya dengan kebaikan yang sederhana itu bahkan lebih baik daripada tidak berbuat sama sekali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Denah Unesa Ketintang

Lambang atau logo SMA Negeri 1 Sidayu

Gerobak Sampah ( contoh cerpen b.indonesia << tugas sekolah minimal 700 kata )