jalan peua (hitungan normal)

didalam buku IPA disubutkan kalau waktu itu ada 24 jam, namun aku tidak pernah mengetahui ada jam 24.00 malam,, namun aku pernah mengetahui ada jam 00.00, namun kenapa pada jam dinding ataupun jam mahal lainnya tidak terdapat jam 00.00 ?
mungkinkah itu waktu khusus saja untuk sesuatu ? bagaimanapun juga aku ini hanyalah anak sd maka pengetahuanku ini masih minim, namun ttetao saja aku bodoh, karena kenapa aku tidak bertanya saja pada ibu guruku tentang hal yang tidak ku ketahui,, akupun tidak bisa membaca sepenuhnya dibuku karena itu adalah buku milik sekolah, sehingga tidak bisa kubawa pulang dan ku baca di gubuk nanti malam. namun aku pernah mendengar diluar daerah lain sekolah-sekolah meminjamkan bukunyadari perpustakaan selama beberapa minggu asalkan dikembalikan, apakah di daerahku ini ada aturan tentang larangan meminjam dan membawa ? ah masa bodoh, lagipula aku juga tidak terlalu suka membaca buku jika sedang diluar sekolah.

sesampainya di rumah aku memikirkan lagi tentang buku tadi, namun kali ini aku memikirkan hal lain namun masih berhubungan dengan isi buku tersebut. di fikiranku aku juga sedang bertanya-tanya akan sesuatu "kalau waktu dalam sehari 24 jam, kenapa dalam 1 minggu ada 7 hari ? sedangkan mengapa dalam sebulan 30 hari ? dan kenapa dalan 2 tahun 365 hari ? apa yang membuat orang-orang mengatakan hal tersebut ?" namun aku tidak hanya bertanya-tanya tentang hal yang mungkin malas akan dijawab oleh orang-orang yang tidak peduli, aku juga berfikir walaupun tidak dengan keras.
hal pertama yang kutemukan adalah tentang 24 jam dalam 1 hari, mungkin itu karena dalam 1 hari terdapat malam dan siang. namun hal tersebut justru menimbulkan pertanyaan baru !
memangnya berdasarkan apa aturan tantang waktu(jam) dibuat oleh orang-orang ?
kenapa harus memilih 24 jam ? kenapa tidak 20 jam atau 30 jam namun sama-sama tentang pengaturan waktunya(waktu malam siangnya secara nyata).

ah setiap saya menumukan jawaban, pertanyaan lainpun bermunculan dan semakin bertambah


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Denah Unesa Ketintang

Lambang atau logo SMA Negeri 1 Sidayu

Gerobak Sampah ( contoh cerpen b.indonesia << tugas sekolah minimal 700 kata )