Buncit

Akhir-akhir ini pertumbuhan perut ini mulai terlihat,, ya terlihat berkembang seperti balon alias buncit,,
Pola makan tidak teratur,, ditambah makanan yang kebanyakan didominasi oleh nasi (karbohidrat),, goreng2an (karbohidrat + lipid),, dan sedikit sayur & buah,, hahaha jangan memimpikan buah-buahan unutk anak kos seperti saya,, bisa beli makan saja sudah syukur alhamdulillah,,

Tidak hanya dari faktor makanan,, faktor aktivitas saya yang gak banyak gerak juga turut mendukung tumbuh kembangnya perut saya,, sebut saja kurang olahraga,,,

tentu saja saya juga mencari-cari cara untuk mengatasi permasalahan ini,, salah satunya dengan mengontrol pengeluaran dan pemasukan kalori dalam tubuh saya,, huhuhu

habis browsing dan dapat berbagai ilmu praktis,, katakan saya saya sekarang dapat menghitung kebutuhan kalori harian saya,, sebagai berikut

Kebutuhan Kalori Harian

Rumus Harris-Benedict yang berdasarkan pada memperhitungkan usia, jenis kelamin, berat badan, tinggi badan, hingga level aktivitas fisik

Rumus untuk pria yaitu : 66,5 + 13,8 x (berat badan dalam kilogram) + 5 x (tinggi badan dalam cm) - 6,8 x (usia dalam tahun).

*karena detail info saya rasa pribadi,, jadi disensor ya

Rumus pria : 66,5 + 13,8(X) + 5(Y) - 6,8(Z) = 1736 kkal


Hasil dari penghitungan ini kemudian dikalikan dengan faktor aktivitas fisik. Jika aktivitas fisik Anda rendah, maka dikalikan dengan 1,2. Untuk aktivitas fisik sedang dikalikan dengan 1,3. Sementara aktivitas fisik berat dikalikan dengan 1,4

karna saya jarang gerak
Jadi ya kebutuhan kalori saya = 1736 x 1,2 = 2.083 kkal


Sedangkan menurut WHO rumus kebutuhan energi saya

Untuk 8-29 tahun pria : 15,3 x (berat badan dalam kilogram) + 679

Rumus Pria : 15,3(Y) + 679 = 1750 kkal

karna saya jarang gerak
Jadi ya kebutuhan kalori saya = 1750 x 1,2 = 2.100 kkal

Setelah itu mari kita hitung secara kasaran
berapa kira-kira kalori yang masuk kedalam tubuh ini perharinya 
kita buat estimasi kalau dalam satu hari saya makan 3x

untuk itu saya cari info juga berapa kadar kalori dalam makanan dan saya dapati 
  • 1 gram karbohidrat bernilai 4 kalori
  • 1 gram lemak bernilai 9 kalori
  • 1 gram protein bernilai 4 kalori

Sarapan = Nasi (150 gr) + ayam (50 gr) (ya anggap saja 60% kalori, 25% protein, 15% lemak)
Makan siang = Nasi (150 gr) + ayam (50 gr) (ya anggap saja 60% kalori, 30% protein, 20% lemak)
Makan malam = Nasi (150 gr) + telur (40 gr) (anggap 70% protein, 30% lemak )+ tahu tempe (30 gr) (anggap seperti ayam)

mari kita hitung jumlah kalori yang masuk dalam tubuh saya secara kasaran

*saya rasa tidak perlu menjelaskan secara detail dari mana asal formula matematika dibawah ini

Sarapan = 150(4) + 30(4) + 12,5(9) + 7,5(4) = 862,5 kkal
Makan siang = 862,5 kkal
Makan malam = 150(4) + 28(4) + 12(9) + 18(4) + 7,5(4) + 4,5(9) = 962,5 kkal 

Total kalori yang masuk ke tubuh saya : 862,5 + 862,5 + 962,5 = 2.697,5 kkal
Itu belum termasuk camilan dan minumam yang manis-manis yang biasa saya konsumsi
dan perhitungan kasar ini juga agak ngawur dalam penentuan skala protein, lemak dan karbo,, jadi jangan dimarahi ya hehehe ATAU anda bisa pakai aplikasi yang ada di HAPE android,, sekarangkan ngetrennya begitu hehehe


kembali lagi jadi dalam sehari kurang lebih seperti ini
Pemasukan energi = 2.697,5 kkal
Pengeluaran energi = 2.083 kkal (perhitungan Harris-Benedict)

jadi saya kelebihan energi 2.697,5 - 2.083 = 604,5 kkal
kurang lebih seperempat dari pembakaran energi harian saya

sekarang jadi masuk akal kenapa perut saya mulai terlihat seperti balon
jadi saya browsing lagi, bagai mana cara membakar kelebihan energi saya yang 604,5 kkal

banyak cara sebenarnya,,

sebut saja saya melewatkan makan siang saya,, maka saya akan kehilangan 862,5 kkal secara instan,, 
tapi kadang perut ini tidak kuat menahan rasa lapar 

cara lain yakni dengan berolah raga,, selain untuk membakar energi,, olahraga juga baik untuk tubuh,, apalagi akhir-akhir ini saya sering mengantuk walaupun sudah tidur cukup,,, kemungkinan terbesar otak saya kekurangan O2 (oksigen) sehingga olah raga jadi ajang sekali dayung 2-3 pulau terlampaui.

jadi pertanyaannya,, olah raga apa dan berapa lama ??? 
saya tidak suka olahraga yang berat,, mungkin olahraga yang paling cocok dengan saya adalah jalan kaki santai saja,, 
hmmmmbb saya jadi browsing-browsin lagi
akhirnya nemu artikel klo di cnnindonesia.com Dikutip dari Healthy Food Star, untuk 1,6 kilometer Anda berjalan, ada 100 kalori yang terbakar.
jadi bisa saya tulis rumusnya kurang lebih 

100 kkal = berjalan 1.600 meter
maka dilakukan perkalian silang dan dihasilkan
604,5 kkal = berjalan 9.672 meter atau hampir 10 KM busetttttttt


jadi kalau dikonversikan kedalam "berapa lama jalan kaki yang saya butuhkan untuk membakar kalori sisa"

maka saya browsing-browsing lagi,,
saya dapat dari health.detik.com bahwa
  1. Daily step, biasanya dilakukan ketika orang berjalan sehari-hari seperti berjalan mengitari rumah atau berjalan santai, seseorang akan menggunakan kecepatan 2-2,5 mil per jam atau 3,2-4 km per jam (0,5 meter per detik-1,1 meter per detik).
  2. Easy health walk, biasanya dilakukan sambil melakukan percakapan penuh, seseorang akan menggunakan kecepatan 3 mil per jam atau setara dengan 5 km per jam (1,39 meter per detik).
  3. Moderate brisk walk, biasanya dilakukan jika seseorang berjalan dengan cepat atau terburu-buru dan merasakan napas, seseorang akan menggunakan kecepatan 4 mil per jam atau setara dengan 6,5 km per jam (1,8 meter per detik).
  4. Fast walking, biasanya dilakukan pada atlet jalan cepat, seseorang akan menggunakan kecepatan 5-6 mil per jam atau setara dengan 8-10 km per jam (2,2 meter per detik-2,78 meter per detik)
okayyyyy sebut saja saya melakukan point nomer 2 ,, 
berarti kecepatan saya berjalan adalah 1,39 m/s
maka saya terapkan rumus kecepatan yang sederhana
v = l / t
1,39 m/s = 9.672 m / t
t = 9.672 / 1.39 = 6.958 s atau 6.958 detik >>>>> jadi 115,9 menit berjalan kaki,, 
atau hampir 2 jam,,, OMG,,,

jalan kaki selama 2 jam,, saya rasa agak gimana gitu untuk bakar 604,5 kkal
jadi mungkin sebaiknya saya putuskan untuk melakukan kombinasi antara olahraga dan mengurangi porsi makan saya hahaha





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Denah Unesa Ketintang

Lambang atau logo SMA Negeri 1 Sidayu

Gerobak Sampah ( contoh cerpen b.indonesia << tugas sekolah minimal 700 kata )